Bersama Kesulitan, Ada Kemudahan…

Saat ini, kebahagiaan sedang terhalang oleh lalu lalangnya ombak yang kian hari kian meninggi. Ombak itu bermain dengan peselancar yang kian hari kian terlihat seperti tak ingin pergi.

Aku tahu, Allah tak akan memberi cobaan kepada hamba-Nya yang sangat berat sehingga hamba-Nya tak sanggup menghadapinya. Semua cobaan yang Allah berikan itu pasti bisa dihadapi. Allah Maha Tahu ukuran kata kunci ‘bisa’ pada masing-masing hamba-Nya.

Saat ini, aku sedang menghadapinya.

Menghadapi cobaan yang semakin hari aku semakin yakin bahwa aku bisa menghadapinya dengan sabar. Karena Allah tidak akan memberiku cobaan yang tak bisa aku hadapi dengan kata sanggup.

Allah memberi cobaan, karena Allah sayang.

Disaat aku sedang berada di naungan kata ‘cobaan’ , aku selalu menangis. Menangisi setiap kesalahan yang telah aku perbuat. Betapa jahatnya aku. Betapa tak bersyukurnya aku. Betapa lalainya aku.

Robbi… ampuni aku.

Tak ingin lagi rasanya aku hidup di dunia ini jika hanya untuk bermain-main, tak mengenal rasa keseriusan untuk menggapai ridho dan jannah-Mu. Itu keinginan yang amat aku catat di benakku, di pikiranku, dan di hatiku.

Namun aku hanyalah sebuah partikel debu yang tak mampu menembus apapun yang Engkau rencanakan.

Aku tak tahu apapun akan rahasia-Mu.

***

Allah… rasanya aku ingin menangis sepuas-puasnya di hadapan-Mu. Aku ingin berteriak sekencang-kencangnya bahwa aku sedang menunggu apa yang akan terjadi setelah kesulitan ini.

Fa innama ‘al ‘ushriyushroo. Innama ‘al ‘ushriyushroo…

Maka sesungguhnya… bersama kesulitan, ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan, ada kemudahan. (QS. Asy-Syarh : 5-6).

Dan saat ini, aku sedang menanti kemudahan yang akan Kau karuniakan kepadaku.

O Allah…  T___T

Tinggalkan Balasan

